TARI DEWA AYU DI DESA TINGA-TINGA

Administrator 27 November 2023 12:45:52 WITA

Senin, 27 November 2023

Tari Dewa Ayu di Desa Tinga-tinga - Tari Dewa Ayu adalah tari sakral sebagai ucapan puji syukur ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang dipentaskan di pura yang ada di Desa Tinga-tinga. Asal-usul tradisi Tari Dewa Ayu adalah tradisi yang berasal dari daerah Seraya, Karangasem. Diawali dengan kedatangan masyarakat Seraya untuk membersihkan Desa Tinga-tinga yang nantinya akan dijadikan tempat tinggal. Sebagai penduduk pendatang, masyarakat Seraya membawakan sebuah tradisi yaitu tradisi Tari Dewa Ayu.

Seiring berjalannya waktu tari Dewa Ayu ini selalu dipentaskan pada saat Upacara Dewa Yadnya maupun Manusa Yadnya. Pementasan Tari Dewa Ayu dilakukan dengan berbagai prosesi. Yakni, persembahyanga bersama, nyari/makan bersama, penusdusan/pengasapan, mesapa, menari, kerauhan/ngurek, nunas tirta.

Bentuk Tari Dewa Ayu ini ditarik oleh banyak orang, tidak ada batasan usia maupun jenis kelamin, dibangun dengan ragam gerak dan menggunakan tata rias dan kostum yang sederhana, tarian ini diiringi gending deg-deg, sesaji kusus yang digunakkan berupa banten peneman, properti yang digunakan adalah keris yang disebut kadutan, dan tempat pelaksanaan tradisi Dewa Ayu ini adalah di sekitaran halaman pura keluarga.

Fungsi Tari Dewa Ayu ini memiliki dua fungsi, dalam upacara Dewa Yadnya sebagai ucapan puji syukur, sedangkan Manusa Yadnya biasanya tari dipentaskan atas permintaan sang numadi pada upacara 3 bulanan.

Dalam pembuatan Video Tradisi ini, kami dibantu oleh Mahasiswa KKN STAHN Mpu Kuturan Singaraja.

Terimakasih kepada Mahasiswa KKN yang telah membuat video tradisi spiritual ini, semoga tradisi di Desa Tinga-tinga semakin dikenal masyarakat luas.

Video dapat dilihat pada link di bawah ini :

Video Dewa Ayu desa Tinga-tinga

Komentar atas TARI DEWA AYU DI DESA TINGA-TINGA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Tinga – tinga

tampilkan dalam peta lebih besar